FAKTOR PEMBENTUK KEPRIBADIAN

Saturday 26 June 2010

Asalamu'alaikum.wrb.

Setiap Insan memiliki kepribadian masing-masing, dan ada yang diberi petunjuk ada yang tidak, sebagai hamba Allah yang mengimani-Nya, kita selalu berusaha menjadi pribadi-pribadi yang baik,dan mulia. Hal ini menjadi kan arah tujuan dari beribadah kita tidak menjadi samar, akan tetapi jelas arah dan tujuannya. karena Agama Islam merupakan Rahmatan lil Alamin. yang telah dicontohkan oleh Rosulullah sendiri yang diutus membawa Agama Islam, yang diberi Kitab Al-Qur'an. Apakah sebenarnya pembentuk kepribadian tersebut?

Ali pernah berkata :
1.Jadilah manusia paling baik disisi Allah.

2.Jadilah manusia paling buruk dalam pandangan dirimu.

3.Jadilah manusia biasa di hadapan orang lain.

Syekh Abdul Qadir Jailani berkata :

"Bila engkau bertemu dengan seseorang.hendaklah engkau memandang dia itu lebih utama daripada dirimu dan katakan dalam hatimu: Boleh jadi dia lebih baik di sisi Allah daripada dirikuini dan lebih tinggi derajatnya.

Jika dia orang yang lebih kecil dan lebih muda umurnya daripada dirimu.maka katakanlah dalam hatimu: Boleh jadi orang kecil ini tidak banyak berbuat dosa. maka tidak diragukan lagi kalau derajat dirinya jauh lebih baik daripada aku.

Bila dia orang yang lebih tua,hendaklah engkau mengatakan dalam hati: Orang ini telah lebih dulu beribadah kepada Allah daripada diriku.

Jika dia orang Alim,maka katakan dalam hatimu:Orang ini telah diberi sesuatu yang tidak bisa aku raih.telah mendapatkan apa yang tidak bisa aku dapatkan.telah mengetahui apa yang tidak aku ketahui,dan telah mengamalkan ilmunya.

Bila dia Orang bodoh, maka katakan dalam hatimu. Orang ini durhaka kepada Allah karena kebodohannya.sedangkan aku durhaka kepada-Nya. padahal aku mengetahuinya.Aku tidak tahu dengan apa umurku akan Allah akhiri.(apakah dengan husnul khatimah atau dengan su'ul khatimah.

Bila dia orang kafir, maka katakan dalam hatimu: Aku tidak tahu bisa jadi dia akan masuk Islam.lalu menyudahi seluruh amalan dengan amal shalih. dan bisa jadi aku aku terjerumus menjadi kafir, lalu menyudahi seluruh amalanku dengan amal yang buruk.

Dalam pandangan Islam semua manusia itu sama.tidak dibeda-bedakan karena status sosial. harta,tahta,keturunan atau latar belakang pendidikannya: Manusia yang paling mulia derajatnya di sisi Allah adalah yang paling tingi kadar ketaqwaannya di antara mereka. Oleh karena itu sebagian Ulama berdo'a dengan do'a:

YA ALLAH JADIKANLAH AKU ORANG YANG PANDAI BERSABAR DAN BERSYUKUR: JADIKANLAH AKU SEORANG YANG HINA MENURUT PANDANGAN DIRIKU SENDIRI. DAN JADIKANLAH AKU ORANG YANG BESARMENURUT PANDANGAN ORANG LAIN.


WASALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH. SALAM UKUWAH ISLAMIYAH.

Post a Comment

Design of Open Media | To Blogger by Blog and Web